MacBook adalah salah satu andalan programmer untuk membuat program. Mengapa? Tentu saja karena performanya
MacBook adalah salah satu andalan programmer untuk membuat program. Mengapa? Tentu saja karena performanya

Dunia Komputer – Banyak orang yang mengatakan bahwa produk dari Apple, entah itu smartphone atau bahkan laptop MacBook yang “tak berguna” dan “over priced”. Meski faktanya banyak orang yang masih setia menggunakan produk-produk dari Apple ini, tetap saja ada beberapa orang yang memilih untuk mengata-ngatai atau bahkan menghina produk rilisan dari Apple tersebut. Namun bila dipikir kembali, benarkan produk dari Apple ini benar-benar tak berguna? Atau jauh terlalu mahal bila dibandingkan dengan fitur dan keunggulannya?

Tidak begitu kok. Faktanya, produk dari Apple, salah satunya seperti laptop yang memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Terutama untuk para programmer, dimana Macbook merupakan komputer dan laptop terbaik digunakan untuk coding.

Ya, yang terbaik. Ada beberapa alasan tersendiri mengapa Macbook seharusnya menjadi pilihan utama untuk para programmer bila mereka mencari laptop yang tahan banting, handal, memiliki semua fitur yang dibutuhkan untuk menulis code dan bahasa pemrograman. Masih belum yakin? Di bawah ini kami memiliki daftar alasan mengapa Macbook menjadi laptop terbaik yang digunakan untuk coding.

1. Daya tahan MacBook

Tak bisa dipungkiri, saat ini sudah ada banyak sekali laptop dari produsen lain, yang murah namun memiliki daya tahan domino online yang handal. Namun Macbook sendiri, dengan harga yang terbilang tinggi memang memiliki daya tahan yang lebih dari pada laptop Windows lain. Ini pun terbukti dan diakui langsung baik itu oleh para pengguna laptop Windows maupun Macbook. Kurang yakin? Buktikan saja sendiri.

Daya tahan ini menjadi penting karena untuk para programmer, laptop merupakan sebuah kebutuhan esensial. Dimana mereka seringkali akan menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Sehingga memang, daya tahan dari laptop seharusnya menjadi pilihan utama ketika mencari laptop baru. Dan tentu saja, perangkat ini menjadi kandidat utamanya.

2. Kualitas Hardware

Harga Macbook memang tak murah. Bahkan banyak pihak yang mengklaim bisa mendapatkan laptop dengan kemampuan dua kali dari Macbook dengan harga yang sama. Namun ada satu hal yang berjalan seiring dengan harga mahal dari komputer buatan Apple ini, yaitu kualitas. Salah satunya, kualitas hardware. Produk Apple ini menghadirkan hardware komputer dengan kualitas terbaik. Mulai dari layar, hingga keyboard dan casing. Material yang bukan dari plastik pun menjadi salah satu pertanda dari kualitas hardware paling apik yang disematkan.

Namun apa pentingnya kualitas hardware ini dengan para programmer? Begini, dengan hardware yang berkualitas, umur dari pemakaian laptop pun akan semakin lama. Terlebih lagi, Macbook memiliki model dan material bahan yang “everlasting”, yang tak akan mudah menjadi ketinggalan jaman dalam beberapa tahun sekalipun. Ini tentu saja bila dibandingkan dengan laptop dari produsen lain dengan harga lebih murah namun dalam beberapa tahun saja modelnya sudah akan ketinggalan jaman. Bukan begitu?

3. Lingkup development

Ini, menjadi alasan utama dan alasan paling besar mengapa banyak sekali programmer yang memilih menggunakan macbook. Dibandingkan dengan laptop atau komputer Windows, Mac akan sangat memudahkan bila programmer bekerja untuk program UNIX atau Linux.

Ini karena nantinya apa yang terlihat pada kode di dalam perangkat inilah yang akan nampak pada server. Kedua program Unix dan Linux ini sudah sewajarnya banyak digunakan untuk memprogram web server. Yang nantinya akan bekerja untuk Ruby on Rails, PHP, atau Node.js. Ketiga program tersebut nantinya bakal sama persis pada tampilan produksi server seperti pada Postgres dan MySQL.

Lingkup development seperti ini yang tak bisa didapatkan oleh pengguna dengan laptop Windows.

4. Tools yang beragam

Alasan lain mengapa perangkat ini baik untuk programmer adalah karena banyaknya tools yang disediakan. Bila kamu adalah seorang pengembang aplikasi, maka menggunakan macbook memang seakan menjadi kewajiban. Ini karena fakta bahwa Macbook bisa menggunakan semua software yang ada di Windows yang dibutuhkan sebagai tools oleh seorang programmer. Sedangkan, Windows tak bisa melakukan hal yang sebaliknya.

Beberapa tools penting yang ada di Macbook ini katakan saja seperti Sublime Text, TextMate, Atom, BBedit, dan SubEthaEdit yang tak bisa ditemukan di laptop dengan basis sistem operasi Windows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *